Hati-hati! Makanan Ini Pemicu Alergi Anak Lho, Bun!

Dari beberapa jenis makanan yang ada, ternyata ada makanan tertentu yang bisa memicu alergi pada bayi dan anak lho, Bun. Menurut dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K), Ketua UKK Alergi Imunologi, FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, “Sekitar 20% anak usia 1 tahun pernah mengalami reaksi terhadap makanan, termasuk reaksi alergi."

www.cekalergi.com

Ini artinya, Bunda harus selalu waspada terhadap makanan untuk Si Kecil. Bisa jadi makanan yang sering BUnda berikan bisa memicu alergi pada Si Kecil. Berikut daftar makanan pemicu alergi anak:

Susu Sapi

Untuk bayi, protein pada susu sapi masuk ke dalam jenis protein asing. Itulah sebabnya, sangat berisiko memberikan susu sapi pada bayi yang berusia di bawah 1 tahun. 

Telur Ayam

Ternyata, telur ayam yang mengandung protein yang baik untuk Si Kecil juga menjadi salah satu makanan pemicu reaksi alergi lho, Bun! Jika Si Kecil menunjukkan reaksi alergi, segera bawa ke dokter ya, Bun!

Ikan

Ikan laut terutama, mengandung alergen yang kuat yang bisa menimbulkan reaksi alergi berupa asma. Jika terlalu sensitif, reaksi alergi bisa muncul dari mencium bau ikan laut yang sedang dimasak.

Kacang-kacangan

Makanan jenis kacang-kacangan biasanya memicu alergi ringan seperti gatal-gatal di tenggorokan.

Sayur dan Buah-buahan

Jika Si Kecil mengalami alergi ini, maka ia akan menunjukkan reaksi alergi berupa gatal-gatal pada mulut.

0 comments:

Post a Comment