Perbedaan Alergi Susu dan Intoleransi Laktosa

Alergi Pada Bayi | Alergi Susu Pada Bayi
www.cekalergi.com
Pernahkah Bunda mendengar istilah alergi susu dan intoleransi laktosa. Dua hal ini sebenarnya adalah hal yang berbeda namun ada beberapa orang yang tidak mengetahuinya sehingga menganggap dua hal ini adalah hal yang sama. Padahal, alergi susu dan intoleransi laktosa adalah dua hal yang cukup berbeda jauh maknanya. Lalu apa itu alergi susu dan intoleransi laktosa? Berikut ini adalah informasinya.

Alergi Susu Pada Bayi

Alergi susu adalah respon yang muncul pada tubuh seseorang yang tak memiliki ketahanan terhadap susu. Tak hanya susu, segala olahan susu sapi seperti yoghurt, keju dan olahan lainnya juga bisa menyebabkan alergi susu ini. Cara termudah untuk mencegah terjadinya masalah ini adalah dengan menghindari makanan atau minuman yang mengandung susu. Alergi susu sendiri biasanya timbul setelah si kecil mengonsumsi susu sapi. Gejala seperti mual, diare hingga sesak nafas adalah tanda-tanda bahwa si kecil memiliki alergi terhadap susu.

Intoleransi Laktosa


Sedangkan intoleransi laktosa adalah ketidakmampuan tubuh seseorang untuk mencerna laktosa yang terkandung di dalam susu. Intoleransi laktosa terjadi karena tubuh tak mampu menghasilkan enzim laktase dalam jumlah yang cukup. Tanpa enzim laktase maka laktosa yang ada di dalam susu tak akan bisa dicerna dan hal inilah yang menyebabkan gangguan pencernaan. Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghindari produk susu dan olahannya.

0 comments:

Post a Comment